Kamis, 02 Februari 2012

Indahnya Kelembutan Hati seorang Suami Terhadap Istrinya ♥

Dalam kelembutan dan kesabaran terhadap istri terdapat bentuk olah raga bagi jiwa,pereda kemarahan serta pembagus akhlak.
Sebab orang yang sendirian tidak akan dapat menguji kesiapan dirinya untuk bersabar dan tidak pula dapat menyingkap aib-aib dirinya.
Karena itu,tidak akan menjadi keburukan bagi peniti jalan akhirat untuk bers...ikap terbuka menghadapi sebagian aib-aib ini.
Sebab,dengan kesabaran yang ada pada dirinya ia belajar menagtur, menentukan strategi yang baik,serta mampu menghadapi berbagai macam keadaan.
Sehingga jiwanya akan menjadi terlatih dan jernih.
Semua ini mamfaat pernikahan...

Meski seorang suami bersikap murah hati terhadap istrinya ,bukan berarti ia membebaskan istrinya dalam keburukan.
Kemudian sang suami berkata,''Aku hanya akan terus bersabar.''

Bukan! bukan ini yang dimaksud.Tapi,hendaknya suami mengajarkan kepadanya dengan penuh kelembutan dan ketenangan.

Janganlah menghadapi keburukan dengan keburukan.
Ketika istri dalam keadaan emosi,jangan menghadapinya dengan emosi pula.
Namun,hendaknya bersikap sabar dan bertindak pelan-pelan .Ketika kesedihan dan emosinya hilang,barulah nasehati ia bagaimana cara bersikap.
Nasehatilah dengan bijak dan penuh ketenangan...

Dalam momen-momen semacam ini,janganlah bersikap kasar dan menjatuhkan hukuman.Tegurlah dengan lembut,apabila hal ini dilakukan ,insya Allah akan terwujud hasil yang positif,sebab sikap ini telah teruji.

Laki-laki itu lebih bijak dan lebih mengedepankan pikirannya.
Oleh karena itu,ia bertanggungjawab mengarahkan siapa saja yang menjadi tanggungjawabnya dengan penuh kebijaksanaan dan kelembutan.
Ia juga harus memberikan petunjuk dan arahan yang baik pada saat-saat yang tepat,sebab tidak semua waktu itu tepat,khususnya waktu-waktu terjadi pertengkaran...

Alangkah indahnya arahan nabawi yang menjadikan rumah tangga sebagai syurga yang diliputi kedamaian dan memberikan jaminan akan langgengnya kehidupan rumah tangga...
Apabila salah satu pasangan suami istri marah,hendaknya yang lain bersikap murah hati.Sebab kondisi marah itu seperti kondisi orang mabuk,ia tidak tahu apa yang diucapkan dan apa yang dilakukan,karena ia telah dikuasai oleh setan.
Untuk itu,janganlah menjadi penolong bagi [setan] dengan kemarahan yang serupa.

Semoga bermamfaat...jadi renungan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar