Kamis, 15 Desember 2011

Peliharalah rasa MALU

Assalamualaikum wrwb.

Rasa malu kepada Allah adalah termasuk tanda iman yang tertinggi bahkan merupakan derajat ihsan yang paling puncak. Nabi bersabda "Ihsan adalah beribadah kepada Allah keakan akan memandang Allah. Jika tidak bisa seakan memandangNya maka dengan menyakini bahwa Allah melihatnya." (HR.Bukhari)
Orang yang memiliki rasa malu dengan sesama tentu akan menjauhi segala sifat yang tercela dan berbagai tindak tanduk yang buruk. Karena orang tsb tidak akan suka mencela,mengadu domba,menggunjing,berkata kata jorok dan tidak akan terang terangan melakukan tindakan maksiat dan keburukan. Rasa takut kepada Allah mencegah kerusakan sisi batin seseorang. Sedang rasa malu dengan sesama berfungsi menjaga sisi lahiriah agar tidak melakukan tindakan buruk dan akhlak buruk tercela. Orang yang tidak punya rasa malu seakan tidak memiki iman.
Nabi bersabda "Diantara perkataan para nabi terdahulu yang masih diketahui banyak orang pada saat ini adalah jika engkau tidak lagi memiliki rasa malu maka berbuatlah sesuka hatimu" (HR Bukhari)
Makna hadits diatas jika orang itu sudah tidak lagi memikiki rasa malu maka ia akan berbagai perilaku buruk yang ia inginkan. Ini dikarenakan rasa malu yang merupakan faktor penghalang berbagai tindakan buruk tidak lagi terdapat pada diri orang tsb. Siapa yang sudah tidak memiliki lagi rasa malu akan tenggelam dalam berbagai perbuatan keji dan kemungkaran. Nabi bersabda "Rasa malu dan iman itu terikat menjadi satu.Jika yang satu hilang maka yang lain juga akan hilang." (HR.Hakim dari Ibnu umar dengan penilaian 'shahih menurut kriteria bukhari dan muslim. Penilaian beliau ini disetujui oleh Dzahabi. Juga dinilai shahih oleh al albani dalam shahih jami'shaghir,no 1603 )
Orang yang tidak lah memikiki rasa malu itu tidak memikiki faktor pencegah untuk melakukan keburukan. Dia tidak akan sungkan sungkan untuk melakukan yang haram dan sudah tidak takut dengan dosa. Lisannya juga tidak berat untuk mengucapkan kata kata yang buruk. Oleh karena itu di zaman ini,suatu zaman yang rasa malu sudah berkurang bahkan hilang bagi sebagian orang,kemungkaran merajalela,hal hal yang memalukan dilakukan dengan terang terangan bahkan keburukan dinilai sebagai sebuah kebaikan. Bahkan berbagai orang sangat merasa bangga dengan perbuatan tercela dan hina serta melakukannya ditempat umum. Wal 'iyadu billah.
**silahkan yang mau tag/share,,tak usah minta ijin,semua milik besama,,jangan lupa bantu tag buat sahabat/teman ya...semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar