Kamis, 15 Desember 2011

Menundukan Pandangan

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

MENUNDUKKAN PANDANGAN

Tidak ada yang lebih menguntungkan dibanding menundukkan pandangan bagi seseorang, sebab penglihatan itu tidak ditundukkan dari segala hal yang dilarang Alloh kecuali jika penyaksian akan keagungan dan kemuliaan itu telah sampai kedalam hati.

Amir Al-Mu'minin 'Ali bin Abu Tholib as. Ditanya tentang apa yang membantu orang untuk menundukkan pandangannya, Beliau berkata, "Kepasrahan pada Kekuasaan-Nya yang mengetahui segala rahasiamu. Mata adalah pancaran hati dan cerminan akal; karena itu tundukkanlah pandanganmu dari apapun yang tidak disukai hatimu dan dari apapun yang dianggap akalmu tidak patut".
Nabi saw, berkata, " Tundukkanlah matamu dan kamu akan melihat keajaiban-keajaiban.

Alloh swt, berfirman:
"Katakanlah kepada kaum pria beriman, bahwa mereka hendaklah menundukkan pandangan matanya dan menjaga kehormatannya.
QS. Al-Nur 30

Nabi Isa as berkata kepada murid-muridnya, " waspadalah untuk tdak melihat hal-hal yang dilarang sebab itu merupakan benih nafsu dan menuntun kepada prilaku yang menyimpang."
Seorang bijak berkata, " Aku lebih memilih kematian daripada memandang sesuatu yang tidak perlu".

Setiap kali mata melihat pada sesuatu yang dilarang, sesimpul nafsu diikatkan pada hati orang tersebut, dan simpul itu hanya dapat dilepaskan melalui dua syarat yaitu menangisi dan menyesali dalam tobat yang sungguh-sungguh, atau dengan memiliki apa yang dihasratkan dan dilihatnya. Dan jika seseorang memilikinya dengan cara yang tidak adil tanpa toubat, maka hal itu membawanya kepada Api neraka, sedangkan bagi orang yang bertoubat darinya dengan sungguh-sungguh, tempatnya adalah taman Surga (roudhah al-jannah) dan dia menjadi kesayangan Alloh.

Semoga bermanfaat Di dunia nyata dan Alam Kekal(Akherat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar